Jumat, 19 Februari 2010

MANAJEMEN STRATEGIK

Nama : Destya Purwaning tias
Kelas : 4eb 14

Npm : 27209052

MANAJEMEN STRATEGIK

Definisi Strategi :

• Oxford Poket Dictionary : Seni perang, khususnya perencanaan menuju yang
layak,rencana tindakan/kebijakan dalam bisnis
,politik dsb.

• Alfred Chandler(1962) Strategy and Structure,MIT Press,Cambridge,MA :
Penetapan Sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan dan
arah tindakan serta alokasi sumber daya yang di perlukan untuk
mencapai sasaran dan tujuan perusahaan.

Strategi adalah kerangka atau rencana yg mengintegrasikan tujuan-tujuan
Kebijakan dan tindakan/program organisasi.

Strategi adalah rencana tentang apa yg ingin dicapai atau hendak menjadi apa
suatu organisasi di masa datang.

Strategi adalah pola tindakan dan alokasi sumber daya yang dirancang u/ mencapai
tujuan.
Strategi adalah pilihan tentang apa yg ingin dicapai dan bagaimana cara
mencapainya.

STRATEGI dapat dirumuskan “Memadukan tema pokok yang memberikan koherensi serta arah tindakan dan keputusan suatu organisasi”

KARAKTERISTIK Keputusan-keputusan strategi :

 Penting
 Tidak mudah diganti
 Melibatkan komitmen atas sumber daya dalam waktu tertentu.

Ruang Lingkup Strategi

Manajemen strategi sebagai bidang ilmu menggabungkan kebijakan bisnis dengan lingkungan dan tekanan strategis.Meliputi:pengamatan lingkungan,perumusan strategi,implementasi strategi dan evaluasi serta pengendalian.

Evolusi Manajemen Strategis

B.Henderson (BCG) :peningkatan resiko kesalahan,biaya,memburuknya ekonomi adalah
penyebab manajer profesional melakukan manajemen strategis secara
serius

Gluck, Kaufmandan Walleck:empat tahap manajemen strategis yaitu perencanaan keuangan
dasar(1950-an),perencanaan berbasis peramalan(1960
an),perencanaan beorientasi keluar(analisis industri dan
posisi persaingan-1973-1974)dan manajemen strategis.

Pemicu perubahan strategis: (H.Mintzberg) : CEO baru,intervensi institusi
eksternal,ancaman perubahan kepemilikan
dan kesenjangan kinerja.
Pola Strategi

* Perumusan Strategi :

- Misi : Salah satu bagian dari kondisi yang ingin dicapai jauh di masa depan
- Tujuan : Suatu tahapan untuk mencapai visi perusahaan
-Strategi
-Kebijakan

* Implementasi Strategi : - Program – Anggaran –Prosedur

Manfaat dan Peranan Manajemen Strategi

1. Menentukan batasan usaha/bisnis yang akan dilakukan
2. Membantu proses identifikasi, pemilihan prioritas dan eksploitasi kesempatan
3. Memberikan kerangka kerja untuk meningkatkan koordinasi dan pengendalian
4. Mengarahkan dan membentuk kultur perusahaan
5. Menjaga kebijakan yang taat asas dan sesuai
6. Mengintegrasikan perilaku individu ke dalam perilaku kolektif
7. Meminimalkan implikasi akibat adanya perubahan kondisi
8. Menciptakan kerangka kerja dalam komunikasi internal
9. Memberikan kedisiplinan dan formalitas manajemen

0 komentar:

Posting Komentar